Kamis, 23 Februari 2012

7 Kesalahan Perawatan Kecantikan yang Sering Anda Lakukan


Inner Beauty
Rajin ke salon untuk melakukan perawatan tubuh, tapi mengapa hasilnya kurang maksimal ? Tanpa sepengetahuan Anda, ada beberapa kecerobohan yang Anda lakukan sehingga membuat perawatan rutin Anda kurang maksimal. Berikut 7 kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan dan cara mengatasinya.
Tidur dengan kondisi makeup masih menempel di wajah
Kadang saat pulang ke rumah dengan kondisi yang sangat capek, Anda malas mencuci muka dan langsung tidur dengan makeup masih menempel di wajah. “Tidur dengan wajah masih bermakeup membuat kulit tidak bisa bernafas dan membuat sel-sel permukaan kulit yang mati terkelupas”, kata ahli perawatan kulit Pratima Raichur, pemilik Pratima Ayurvedic Skin Care Spa di New York. Hal ini dapat menyebabkan jerawat, kulit kusam, bahkan kulit kering. “Malam hari adalah waktu untuk meremajakan kulit, sehingga sangat penting untuk membersihkannya sebelum tidur”.
Selalu tidur dengan sisi wajah yang sama
Kita tidak bisa mengontrol posisi kepala kita saat tidur, tapi berulang kali tertidur dengan sisi wajah yang sama dapat menyebabkan garis-garis halus menjadi terukir secara permanen, kata Jeanette Graf, MD, asisten profesor dermatologi klinis di Mount Sinai School of Medicine. Hal ini karena kulit selalu menempel di bantal. Untuk menangkal keriput, pastikan bantal Anda dapat mengembang. Cobalah menempatkan bantal berbentuk bulan di atas bantal biasa, dengan cara ini hanya sekeliling wajah yang menyentuh kain.
Membilas wajah dengan air yang terlalu panas
Mencuci muka adalah hal yang baik, tapi saat Anda membilasnya dengan air panas akan sangat membahayakan. “Suhu yang terlalu panas dapat meyebabkan pempuluh kapiler di wajah patah”. Kata Raichur. Dinding kapiler sangat tipis dan elastis, sehingga reaktif terhadap suhu. Untuk menjaga kulit tetap seimbang, selalu membersihkannya dengan air hangat atau hangat kuku.
Mencuci muka sebelum mencuci rambut
Hal ini terutama jika Anda menggunakan masker rambut. Perawatan ini cenderung sarat dengan minyak yang dapat meresap ke dalam wajah. Pori-pori akan tersumbat, menyebabkan jerawat, terutama di sepanjang garis rambut. Pastikan Anda benar-benar membersihkan sisa-sisa zat apapun dari wajah setelah mencuci rambut Anda, ujar Dr Graf.
Memakai Pelembab wajah terlalu banyak
Anda mungkin extra waspada untuk menjaga kelenturan kulit, tapi terlalu berlebihan akan memberikan efek sebaliknya. Krim yang berlebihan di wajah tidak akan menyerap seluruhnya ke dalam jaringan selular, sehingga kulit tidak bisa bernafas dan pori-pori akan tersumbat. Kadang-kadang akan membuat kulit menjadi kering. Ambil pelembab sebesar uang logam untuk melindungi wajah dari efek negatif lingkungan.
Minum menggunakan sedotan
Minum melalui sedotan mungkin terlihat anggun, tapi dapat mengerutkan kulit dan menyebabkan keriput dini. Ekspresi wajah yang terulang, seperti mengerucutkan bibir Anda, menyebabkan garis halus di sekitar mulut dan akan terbentuk dari waktu ke waktu, ujar Dr Graf. Solusinya, lepas sedotan dan minum langsung dari botol atau gelas.
Mengikat rambut terlalu kencang
Semakin kencang Anda mengikat rambut terutama gaya ekor kuda, semakin rentan rambut Anda mengalami kerontokan, ujar Dr Graf. Menarik rambut terakhir supaya kencang menyebabkan traction alopecia, suatu bentuk kerontokan rambut yang mengarah ke garis rambut. Kabar baiknya, resesi tidak akan menjadi permanen jika ditangani lebih awal. Setelah Anda berhenti mengikat rambut terlalu kencang maka kerontokan rambut akan berhenti. Alternatif lain, daripada Anda mengikat rambut dibelakang dekat bagian atas kepala, dimana ada lebih banyak ketengangan, lebih baik mengikatnya di tempat yang lebih longgar yaitu dibelakang leher.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar